Air Batang Mudiak Lawe Kecamatan Sungai Pagu Tiba Tiba Meluap





Solsel, MT.COM -- Tidak ada angin, tidak ada hujan, air sungai Batang Mudiak Lawe di Nagari Sako Utara Pasir Talang Kecamatan Sungai Pagu, Solok Selatan (Sumbar) meluap, Jumat (30/10/2020) sekira pukul 18.05 WIB dan membuat sejumlah rumah warga rusak parah.


Akibat luapan air sungai itu merendam sebagian rumah dan fasilitas umum di dua Nagari yakni, Nagari Sako Utara Pasir Talang dan Nagari Pasir Talang Barat.


Edwin (50) salah seorang warga jorong Batang Lawe, Nagari Pasir Talang Barat mengatakan luapan air sungai merendam rumahnya dan ikut merendam satu unit Pustu di Batang Lawe sekitar betis orang dewasa.


"Air sungai datang secara tiba-tiba jelang Maghrib, padahal tidak ada hujan. Kemungkinan hujan deras di hulu sungai. ikut terbawa arus sungai seperti marerial kayu," katanya


Edi Colak, selaku tokoh masyarakat Solsel mengatakan, air sungai Mudik Lawe meluap diduga akibat mengalami penyumbatan di hulu sungai karena tidak ada hujan di lokasi meluapnya air sungai.


"Saya menduga hulu sungai mengalami penyumbatan dan hutan dikawasan TNKS jalur Barat tidak terpelihara dengan baik. Perlu dilakukan survei ke hulu sungai oleh pihak terkait," tutupnya.


Kalaksa BPBD Solsel, Richi Amran mendapat informasi langsung menurunkan tim TRC kelokasi, guna membantu memberikan pertolongan, terutama bagi warga yang terdampak.


Richi Amran yang malam itu berada dikokasi banjir mengatakan, hingga pukul 19.30 WIB air sungai sudah mulai surut. Pihaknya tengah melakukan pendataan rumah dan fasilitas umum yang terdampak luapan air.


"Hujan di hulu yang membawa material kayu, pasir dan batu sehingga sungai mengalami pendangkalan dan material menyumbat aliran air di bawah jembatan," katanya.


Besok pagi tim dari BPBD Solok Selatan, akan hadir dilokasi banjir, lengkap dengan peralatan yang sudah disediakan" Intinya tim TRC BPBD Solok Selatan akan bersama warga membersihkan tumpukan material akibat banjir," tutupnya. Met


Posting Komentar

0 Komentar

Selamat datang di Website www.metrotalenta.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred : Mairizal, SH