Bawaslu Kabupaten Sijunjung Gelar Rakor Pengawasan Tahapan Pilkada




Sijunjung.metrotalenta.com-Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Sijunjung gelar rakor persiapan pengawasan tahapan kampanye pada Pilkada 2020 di Wisma Keluarga Muaro, Sabtu (3/10/2020).


Rakor itu dipimpin Komisioner, Riki Minarsah, SE, Kordiv. Pengawasan dan Humas Hubungan Masyarakat antar lembaga, dengan moto "Ayo Awasi Pilkada 2020".


Riki Minarsah kepada Metro Talenta   menyebutkan, agenda ini bertujuan untuk  mengawasi metode kompanye yang dilakukan paslon maupun tim kompanye agar tidak ada aturan yang dilanggar oleh pasangan paslon. Ini berdasarkan aturan PKPU No 11 tahun 2020 dan PKPU Nomor 13 tahun 2020


Larangan kampanye dalam pilkada tertuang dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 13 Tahun 2020 tentang pelaksanaan pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, dan/atau wali kota dan wakil wali kota serentak lanjutan dalam kondisi bencana non alam corona virus corona disease 2019 (Covid-19).




Intinya setiap akan melakukan kompanye pasangan paslon harus mengurus surat tanda terima pemberitahuan kompanye STTP dari kepolisian dan harus mematuhi standar Covid-19.


Sebab dalam masa wabah Covid-19. Artinya jika ada melanggar akan diberhentikan kampanye pada hari itu juga. Petugas Bawaslu berkoordinasi dengan pihak kepolisian setempat.


Hadir dalam kesempatan tersebut, Ketua KPU Lindo Karsyah, SS.M.Si sebagai nara sumber, Agus Hutrial Tatul, S.Pi, Ketua Bawaslu Kabupaten Sijunjung dan Juni Wandri, SH.,M.KN.,  Devisi Hukum Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa serta lainnya.


Pesertanya dari Panwascam se-Kabupaten Sijunjung sebanyak 32 orang dari delapan kecamatan di daerah Lansek Manih tersebut.


Rakor itu dibuka oleh Ketua Bawaslu Sijunjung, Agus Hutrial Tatul, S.Pi dan juga dihadiri lengkap anggota Bawaslu. (def)

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat datang di Website www.metrotalenta.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred : Mairizal, SH