Pemkab Solok Kembali Raih WTP Tiga Kali Berturut Turut




METROTALENTA.COM.-Pemerintah Kabupaten Solok dimasa kepemimpinan Bupati Gusmal kembali mendapatkan menerima hasil Laporan Keuangan Tahun 2019 dari Kementerian Keuangan dengan prediket WTP. Penyerahan ini diserahkan Kepala Kantor KPPN Solok Budi Utomo yang diterima Bupati Solok Gusmal, SE, MM bertempoat di Guesyt House Arosuka, Selasa (13/10). Bersama biupati didampingi sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Solok dengan dihadiri Wakil Ketua DPRD Kab.Solok Renaldo Gusmal, Kepala BKD Editiawarman, Kepala DPMN Ferisnovel, serta Plh Kepala Kantor Kesbangpolinmas Riswanto serta tetamu yang mendampingi Kakan KPPN Solok.

Bupati Gusmal berterimakasih sekali kepada Kementerian Keuangan yang telah meninjau dan memberikan pembinaan kepada Pemda Kabupaten Solok dalam hal pengelolaan keuangan daerah.  “Kami atasnama Pemda Kabupaten siap untuk terus bekerjasama dengan KPPN dalam mengelola keuangan daerah. Kiranya dapat ditingkatkan lagi ditahun yang akan datang, serta berharap Kabupaten Solok dapat terus mempertahankan WTP ini ditahun- tahun berikutnya”, harap bupati sembari meminta KPPN dengan tidak bosan-bosannya selalu memberikan pembinaan kepada pemda Kab Solok.





Sementara Kepala Kantor KPPN Solok Budi Utomo menyebutkan, selain penyerahan sekaligus melakukan silaturahmi dengan Pemda Kabupaten Solok. Pada kesempatan ini, Budi mengapresiasi atas mendapatkannya dari Menteri Keuangan kepada Kabupaten Solok yang berhasil meraih opini WTP selama tiga kali berturut-turut.  “Sehingga dik kesempatan ini Kami dari KPPN Solok mendapatkan amanah dari kementerian keuangan untuk meyerahkan  WTP atas laporan keuangan pemda kab Solok tahun 2019. Atas Capaian WTP ini, tentunya capaian ini tidaklah mudah diraih dan melalui  proses yang panjang. Sehingga sebelumnya Pemda Kab Solok dari Kementerian Keuangan beberapa waktu yang lalu telah melalui  Virtual”,ujarnya.

Sementara jauh sebelum penerimaan piagam ini, Bupati Solok Gusmal juga telah mengikuti video conference dengan BPK RI Perwakilan Sumatera Barat Yusnadewi beserta jajaran, di Guest House Arosuka, Jumat (26/06). Di kesempatan itu bupati didampingi Ketua DPRD Kabupaten Solok Jon Firman Pandu beserta wakil Ketua Renaldo Gusmal, dan juga hadir Sekretaris Daerah Kabupaten Solok Aswirman, Kepala Dinas BKD Editiawarman, Inspektur Kabupaten Solok Hermantias, Kadis DPMN Feris Novel, serta Kabag Humas Syofiar Syam.

Diawal video conference, Yusnadewi menyampaikan ucapan selamat kepada Bupati Solok dan seluruh jajaran, karena telah berhasil mempertahankan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2019. Opini WTP ini merupakan yang ketiga kalinya yang diraih oleh Pemkab Solok secara berturut-turut . Ucapan tersebut disampaikan dalam acara Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas LKPD Pemkab Solok TA 2019 yang dilakukan secara Virtual. Sebelumnya Pemerintah Kabupaten Solok telah menyerahkan LKPD pada tanggal 16 Maret 2020 lalu. Selain itu, BPK RI perwakilan Sumatera Barat juga memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Solok, sekaligus menyampaikan beberapa catatan dalam LHP LKPD Tahun Anggaran 2019, yang masih ditemukan oleh tim pemeriksa. Kedepannya BPK mengharapkan Pemerintah Kabupaten Solok dapat terus meningkatkan pengelolaan keuangan daerah, serta bagi DPRD juga dapat terus meningkatkan pengawasannya.





           “Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya pada BPK RI Perwakilan Sumatera Barat, yang telah berkenan melakukan pemeriksaan laporan keuangan Kabupaten/Kota tahun 2019, meskipun dalam suasana Indonesia umumnya, Sumatera Barat khususnya sedang dilanda pandemi wabah Covid 19. Selain itu, Bupati juga menyampaikan terima kasih kepada BPK yang telah memberi masukan, koreksi dan langkah-langkah perbaikan selama pemeriksaan LKPD tahun 2019. Laporan pemeriksaan ini tentunya merupakan hasil kinerja yang telah dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten/Kota selama kurun waktu 2019, sekaligus juga bentuk pertanggungjawaban Pemerintah Kabupaten / Kota terhadap pelaksanaan anggaran pendapatan dan belanja pemeritahan Kabupaten / Kota tahun anggaran 2019 yang lalu.




Bupati juga menyadari bahwa, dalam penyajian laporan keuangan jelas terdapat kelemahan dan kekurangan sehingga masih terdapat temuan-temuan yang harus ditindaklanjuti untuk perbaikan dimasa mendatang. Bupati Solok mewakili kepala daerah yang lain,  mengucapkan terima kasih kepada Kepala BPK Perwakilan Sumatera Barat beserta jajaran atas pembinaan yang dilakukan selama proses pemeriksaan berlangsung.(Defni kp)

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat datang di Website www.metrotalenta.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred : Mairizal, SH