Diduga Prilaku Oknum Kios , Kelompok Tani Lakukan Aksi Penolakan Pada Dinas Pertanian || MT





Padang Galugur,MT,-  Sejumlah pengurus kelompok tani (Keltan) di ke Jorongan Binubu Kubu Gadang dan ke Jorongan Rambah Nagari Sontang Cubadak Nagari Sontang Cubadak Kecamatan Padang Gelugur sampaikan aspirasi dan layangkan surat pernyataan penolakan keberatan kepada Dinas Pertanian Pasaman terkait penyaluran pupuk bersubsidi yang dilaksanakan oleh kios MJ Tani kepada para kelompok tani.


Ada beberapa poin surat keberatan yang dilayangkan oleh beberapa keltan salah satunya terkait penyaluran pupuk yang tidak tepat sasaran, jangka waktu yang tidak sesuai dengan jadwal yang dijanjikan oleh MJ Tani sebagai kios penyalur, uang yang dibayarkan kepada MJ Tani telah lebih dahulu diminta kepada setiap kelompok dengan alasan untuk menebus pupuk yang akan disalurkan kepada kelompok. Namun, dalam jangka waktu yang dijanjikan pun selalu di undur-undur.


Akibatnya para petani yang tergabung dalam Keltan tersebut mengeluh dengan tindakan oknum kios MJ Tani yang berakibat fatal kepada para petani yang mengganggu pertumbuhan padi yang baru saja ditanami mereka.


Sama halnya yang diungkapkan Ketua Kelompok Tani Serumpun Padi, Ali Asran ada beberapa hal poin surat keberatan yang dilayangkan ke Dinas Pertanian terkait penyaluran pupuk yang dilakukan oleh MJ Tani kepada para kelompok tani di daerah ke Jorongan Binubu Kubu Gadang dan ke Jorongan Rambah Nagari Sontang Cubadak Nagari Sontang Cubadak Kecamatan Padang Gelugur.


“Jika hal ini dibiarkan berlarut-larut tentunya merugikan para kelompok tani di Kejorongan Binubu dan Kubu Gadang Nagari Sontang Cubadak ini,” jelasnya.


Pihaknya meminta kepada Dinas Terkait dan pihak berwenang agar menegur oknum pemilik Kios MJ Tani tersebut.


“Kalau bisa diganti saja, kami para Keltan tidak ingin berurusan dengan Kios MJ Tani,” tegas Ali Asran.


Kepala Bidang Saspras Bidang Pertanian Rohuli Latif sebelumnya sangat menyayangkan persoalan tersebut.


Untuk menyikapi persoalan tersebut pihaknya dalam waktu dekat akan turun kelapangan untuk melakukan penyelidikan terkait aspirasi dari beberapa kelompok tani tersebut.


“Ya, dalam waktu dekat kita selidiki dulu apakah benar persoalan ini dan jika benar tentunya kita surati pihak yang berwenang dan jika benar persoalan ini bisa saja diberhentikan dan diganti sebagai mitra kerja kita,” katanya.(Hendra Jetri)

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat datang di Website www.metrotalenta.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred : Mairizal, SH