Polres Jepara Musnahkan 6.779 Botol Miras Berbagai Merk Dan 5.032 Liter Miras Oplosan




Jepara,Metrotalenta.com--

 Dalam rangka cipta kondisi menjelang hari raya idul fitri 1442 H, Polres Jepara melakukan pemusnahan barang bukti miras di halaman belakang Mapolres Jepara. Rabu (5/5/2021).


Kegiatan tersebut dihadiri, Kapolres Jepara AKBP Aris Tri Yunarko, S.I.K, M.Si., Dandim 0719 Jepara Letkol. Arh Tri Yudhi Herlambang, S.E., M.I.Pol, Kajari Jepara Ayu Agung, S.H., S.Sos., M.H., M.Si Han, Kepala Dishub Kab. Jepara Drs. Trisno Santoso, MM, Asisten I Setda Jepara Drs. Dwi Riyanto, MM, Ketua MUI Jepara Drs. Mashudi, M.Ag, PJU Polres Jepara, Kapolsek Jajaran, Tamu undangan dari instansi terkait.


Dalam kesempatan itu Kapolres Jepara AKBP Aris Tri Yunarko, SIK, M.si mengatakan kegiatan tersebut adalah wujud tanggung jawab kepada masyarakat agar Sitkamtibmas aman dan kondusif.


Ia menjelaskan, Miras telah terbukti merusak fisik dan kehidupan sosial orang yang mengkonsumsinya dan menjadi pemicu terjadinya tindak kejahatan. 


Upaya penyelamatan terhadap bahaya Miras harus segera dilakukan untuk mengembalikan mental masyarakat menjadi bijak dan dapat melakukan aktivitas yang bermanfaat. 


"Diperlukan keterlibatan Fokopimda, Toga, Tomas dan kalangan intelektual untuk melakukan sosialisasi secara intensif, sehingga masyarakat dengan kesadaran tinggi akan menyatakan tidak untuk Miras," tegas Kapolres Jepara AKBP Aris Tri Yunarko, SIK, M.si.


Sementara itu Asisiten I Drs Dwi Riyanto, MM menyampaikan apresiasi kepada Polres Jepara dan Kodim 0719 Jepara atas kegiatan razia dan pemusnahan yang dilaksanakan secara rutin 2 kali dalam setahun.


Hal senada juga disampaikan oleh Ketua MUI Kabupaten Jepara Dr.KH  Mashudi, M.Ag, bahwa pihaknya sangat mengapresiasi pemusnahan miras tersebut.


"kegiatan tersebut sebagai bukti keseriusan Polres Jepara, Kodim 0719 dan dinas terkait dalam memerangi miras" ungkapnya.


Lanjut dikatakan, "Jepara adalah salah satu kota santri, tapi tidak menjadi jaminan terbebas dari Miras, bahkan dalam kegiatan takbir keliling pernah didapati ada yang mengkonsumsi miras," pungkas KH Mashudi.


Kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan Berita Acara Pemusnahan Miras dan pemusnahan miras secara simbolis oleh Kapolres Jepara, Dandim 0719 Jepara, Kejari Jepara, perwakilan Toga beserta Tomas. 


Vio Sari / Humas





*_Pemusnahan Barang Bukti Miras dalam rangka Cipta Kondisi bulan Suci Ramadhan dan jelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H/2021_*, sebagai berikut : 


A. Pada hari Rabu tanggal 05 Mei 2021 pukul 08.30 s.d. 09.00 Wib bertempat di halaman belakang Mapolres Jepara telah berlangsung Pemusnahan Barang Bukti Miras dalam rangka Cipta Kondisi bulan Suci Ramadhan dan jelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H/2021. 


B. Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain : 


1. Kapolres Jepara AKBP Aris Tri Yunarko, S.I.K, M.Si.

2. Dandim 0719 Jepara Letkol. Arh Tri Yudhi Herlambang, S.E., M.I.Pol.

3. Kajari Jepara Ayu Agung, S.H., S.Sos., M.H., M.Si Han.

4. Kepala Dishub Kab. Jepara Drs. Trisno Santoso, MM.

5. Asisten I Setda Jepara Drs. Dwi Riyanto, MM.

6. Ketua MUI Jepara Drs. Mashudi, M.Ag.

7. PJU Polres Jepara.

8. Kapolsek Jajaran.

9. Tamu undangan dari instansi terkait 


C. Adapun barang bukti miras yang dimusnahkan secara keseluruhan berjumlah sebanyak 6.779 Botol miras berbagai merk dan 5.032 Liter miras oplosan dengan rincian sebagai berikut : 


1. 303 (Tiga ratus tiga) Botol Gingseng;

2. 52 (Lima puluh dua) Botol Ciu;

3. 218 (Dua ratus delapan belas) Botol arak;

4. 860 (Delapan ratus enam puluh) Botol Newport;

5. 2.083 (Dua ribu delapan puluh tiga) Botol Anggur Kolessom;

6. 335 (Tiga ratus tiga puluh lima) Botol Beras Kencur;

7. 198 (Seratus sembilan puluh delapan) Bir Hitam;

8. 101 (Seratus satu) Botol Topi Miring;

9. 354 (Tiga ratus lima puluh empat) Botol Bir Angker;

10. 109 (Seratus sembilan) Botol Bir Singaraja;

11. 32 (Tiga puluh dua) Botol Congyang;

12. 5.032 (Lima ribu tiga puluh dua) Liter Minuman Oplosan;

13. 1.399 (Seribu tiga ratus sembilan puluh sembilan) Botol Anggur Merah;

14. 120 (Seratus dua puluh) Botol Bir Proost;

15. 275 (Dua ratus tujuh puluh lima) Botol Bir Bintang;

16. 340 (Tiga ratus empat puluh) Botol Vodka. 


D. Inti sambutan yang disampaikan : 


*1. Kapolres Jepara AKBP Aris Tri Yunarko, S.I.K, M.Si. :* 


- Kegiatan ini adalah representasi dari kegiatan yg selama ini kita laksanakan sebagai wujud tanggung jawab yg diberikan masyarakat dalam menjamin situasi kamtibmas yg aman dan kondusif. 


- Miras telah terbukti merusak fisik dan kehidupan sosial orang yg mengkonsumsinya dan menjadi pemicu terjadinya tindak kejahatan. 


- Upaya penyelamatan terhadap bahaya Miras harus segera dilakukan untuk mengembalikan mental masyarakat menjadi bijak dan dapat melakukan aktivitas yg bermanfaat. 


- Diperlukan keterlibatan Fokopimda, Toga, Tomas dan kalangan intelektual untuk melakukan sosialisasi secara intensif, sehibgga masyarakatbdg kesadaran tinggi akan menyatakan tidak untik Miras. 


*2. Asisten I Drs. Dwi Riyanto, M.M. :* 


Kami Pemda Jepara mengapresisasi kepada Polres Jepara, Kodim 0719 Jepara dan Satpol PP atas kegiatan razia dan pemusnahan miras yang dilaksanakan secara rutin 2 kali dalam satu tahun. 


*3. Ketua MUI Kab. Jepara Dr. K.H. Mashudi, M.Ag. :* 


- Kami dari MUI sekaligus FKUB Jepara mengapresiasi pemusnahan miras, kegiatan ini sebagai bukti keseriusan Polres Jepara, Kodim 0719 dan dinas instansi terkait dalam memerangi miras. 


- Jepara adalah salah satu kota santri, tapi tidak menjadi jaminan terbebas dari Miras, bahkan dalam kegiatan takbir keliling pernah didapati ada yg mengkonsumsi miras. 


F. Kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan Berita Acara Pemusnahan Miras dan pemusnahan miras secara simbolis oleh Kapolres Jepara, Dandim 0719 Jepara, Kejari Jepara, perwakilan Toga beserta Tomas. 


G. Selama berlangsungnya kegiatan berjalan aman dan tertib


Vio Sari / Humas

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat datang di Website www.metrotalenta.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred : Mairizal, SH